Minggu, 31 Juli 2011

Kasus Kekerasan Terhadap Anak Meningkat

Magelang, CyberNews.  Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Magelang masih terus meningkat. Dalam rangka hari anak nasional LSM Sahabat Perempuan merilis, hingga pertengahan tahun ini terdapat 26 kasus.

Direktur Sahabat Perempuan, Dani Saputri, mengatakan kasus itu terjadi di kecamatan diantaranya Bandongan, Pakis, Salam, Muntilan, Windusari, Grabag, Borobudur, dan Secang.  Adapun kasus berasal dari luar Magelang, yaitu dari Wonosari, Kulonprogo akan tetapi tempat kejadian berada di Magelang.
"Hingga pertengahan tahun ini kasus yang masuk ke Sahabat Perempuan didominasi kasus Kekerasan Seksual anak sebanyak 56 persen, kemudian diikuti oleh kasus KDRT sebanyak 27 persen persen, sisanya adalah kasus perkosaan,"katanya.
Dikatakannya, fenomena tersebut mengundang keprihatinan memprihatinkan karena tiga bulan belakangan ini kasus kekerasan seksual anak mengalami peningkatan dari semula hanya  1 kasus menjadi 7 kasus.
Menurutnya, tidak menutup kemungkinan jumlah kasus ini akan terus bertambah bila korban mau melaporkan kasus kekerasan yang dialami. Selama ini hanya sebagian kecil kasus yang dilaporkan, karena korban merasa malu atas peristiwa yang mereka alami dan menganggap peristiwa itu adalah aib yang harus dijaga kerahasiaannya.
"Pelaku kekerasan seksual anak kebanyakan dilakukan oleh orang yang dekat dengan korban seperti keluarga, teman, pacar, ataupun tetangga korban,"katanya.
Ada pula kekerasan pada anak itu dilakukan oleh orang yang baru dikenal. Menurutnya tersangka seringkali melakukan penipuan melalui ponsel terlebih dahulu. Tak jarang korban termakan oleh rayuan pelaku yang baru dikenal lewat ponsel kemudian terjadilah peristiwa tersebut. Tempat kejadiannya pun bermacam-macam antara lain di rumah pelaku, kebun dan rumah korban.
( Sholahuddin Al-Ahmed / CN32 / JBSM )
sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/07/27/92084/Kasus-Kekerasan-Terhadap-Anak-Meningkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar