Senin, 16 November 2009

Rubrik Info Bidang Ipmawati training kapal perempuan

KESEMPATAN TRAINING KAPAL PEREMPUAN “Mari Mengembangkan Pendidikan Adil Gender untuk Perempuan Marginal”!!!


KAPAL Perempuan membuka kesempatan bagi semua pihak untuk mengikuti training: “Pendidikan Adil Gender untuk Perempuan Marjinal dan Penerapannya di Komunitas". Training ini diutamakan bagi mereka yang tertarik dan berkomitmen untuk mengembangkan Pendidikan Adil Gender (PAG) bagi perempuan marginal di komunitas, baik di komunitasnya sendiri maupun di komunitas KAPAL Perempuan.



Metodologi yang digunakan dalam training adalah aksi-refleksi sehingga selama proses peserta akan diajak untuk memperdalam teori, praktek lapangan, dan merefleksikan kegiatan yang sudah dilakukan di komunitas. Demikian terus berulang menjadi semacam siklus dan dilakukan selama 6 bulan dalam setiap periode. Periode saat ini adalah Januari-Juni 2010.



Gagasan training ini adalah KAPAL Perempuan ingin berbagi pengalaman dalam mengembangkan pendidikan untuk perempuan marginal yang sudah dilakukan sejak tahun 2003 di Klender dan Kampung Jati. Secara konseptual, PAG mengintegrasikan pengembangan pemikiran kritis, kepemimpinan, dan keahlian hidup perempuan. Ketiga hal tersebut merupakan pendorong bagi perempuan untuk melakukan analisis terhadap permasalahan dirinya maupun komunitasnya. Analisis tersebut dipakai sebagai dasar untuk melakukan aksi. Selanjutnya hasil aksi ini dianalisis kembali untuk melahirkan aksi-aksi baru yang lebih transformatif. Demikian seterusnya, aksi dan refleksi dilakukan sampai masyarakat yang berkeadilan sosial dan berkeadilan gender tercapai.



Hasil pendidikan ini telah memampukan perempuan bersikap kritis, mendorong partisipasi dan kepemimpinannya di ruang publik, serta meningkatnya keahlian hidup mereka. Inilah yang menjadi dasar pentingnya PAG di komunitas terus dikembangkan dan melibatkan banyak pihak.



Bagi anda yang berminat, dapat mengirimkan surat pengajuan mengikuti training dan memberikan pernyataan untuk berkomitmen selama 6 bulan untuk mengembangkan PAG di komunitas serta CV (Biodata Pribadi). Surat pengajuan dan CV ditujukan pada Direktur KAPAL Perempuan dan dapat dikirim melalui post, fax, dan email:

· Alamat surat : Jalan Kalibata Utara No. 18 Jakarta Selatan, 12740

· Alamat email : office@kapalperempuan.org; kapalperempuan@indo.net.id

· Telp/fax : 021-7988875


Surat paling lambat dikirim dan sudah kami terima pada 1 Desember 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar